Transformasi Coolsingel yang cool…

Rotterdam tempat diselenggarakannya Eurosong 2021 yang berlangsung hingga 22 Mei baru saja menyelesaikan program revitalisasi kawasan Coolsingel. Coolsingel adalah salah satu jalan arteri di pusat kota yang membentang sepanjang satu kilometer dari perempatan terowongan Blaak di Selatan hingga bundaran Hofplein di Utara.

Coolsinel, Rotterdam Foto: Google Earth

Pada foto Google Earth yang diambil tahun 2015, sebelum revitalisasi, tampak jalan trem membelah Coolsingel, susunan median dari bawah ke atas (arah ke selatan) dan dari atas ke bawah (arah ke utara) sama: trotoar yang cukup lebar, jalur sepeda berwarna kemerahan dengan deretan sepeda terparkir di sana sini, lalu dua lajur jalan raya dan lajur jalan trem.

Google Earth

Bagi kita jalan ini tampaknya sudah sempurna dan memenuhi semua kebutuhan. Tapi Pemerintah Kota Rotterdam menginginkan suasana yang lebih nyaman, lebih hidup, lebih atraktif, dan mengharapkan Coolsingel menjadi semacam city lounge: Binnenstad als City Lounge, nama proyeknya dan mulai dikerjakan pada April 2018.

Desain program Pusat Kota sebagai City Lounge ini dirancang oleh West 8, sebuah perusahaan desain urban dan arsitektur landskap internasional yang karyanya tersebar di berbagai kota Eropa, Amerika dan Kanada, hingga daratan Cina, dan berkali-kali meraih penghargaan internasional.

konsep desain Foto: west8.com

Konsepnya adalah memberi keseimbangan lalulintas dengan menghilangkan jalur mobil di salah satu sisi jalan, dan menciptakan perjalanan dan aktivitas nyaman yang terpisah bagi pedestrian, pesepeda dan transportasi publik.
Jalan trem tetap pada posisinya agar tidak membebani biaya reitalisasi.

Sesuai konsepnya, Coolsingel tidak dimaksudkan sebagai car free, mobil tetap bisa melewatinya dengan kecepatan rendah, namun posisi dua lajur jalan raya kini hanya ada di sisi timur jalan trem, di mana gedung Balai Kota berada. Ada sepuluh persimpangan di sepanjang jalan Coolsingel yang bisa membawa pengendara mobil ke berbagai tujuan.

Jalur sepeda lebar yang nyaman dan aman bahkan untuk anak-anak. Foto: coolsingel.nl

Di sisi barat, dua lajur mobil kini menjadi jalur sepeda dua arah berwarna keemasan dan area pedestrian luas dilengkapi berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan warga. Ada teras kafe, taman bermain, meeting point, tempat istirahat dan bercengkerama, lampu-lampu penerang yang unik, dsb.

Ayunan yang cool. Foto: coolsingel.nl

Rupanya revitalisasi tidak hanya di permukaan. Di bawah jalur emas itu dibangun infrastruktur sistem keberlanjutan iklim mikro, penyimpanan air dan keanekaragaman hayati. Rekayasa kontemporer digunakan untuk menciptakan penyangga air dan ruang-ruang untuk perkembangan akar pepohonan dan tanaman.

Coolsingel dirancang agar tetap memberi kenyamanan selama empat musim, sepanjang tahun. Coolsingel kini adalah sebuah bulevar luas nyaman dengan pedestrian area dan esplanade untuk segala usia berhiaskan bunga tulip dan ornamen art deco dan mosaik lantai batu alam ‘kandla grès’.

Pohon-pohon dilingkari bunga dan tempat istirahat. Foto: coolsingel.nl

Yang cukup menarik dalam sistem pelaksanaanya adalah didirikannya Pusat Informasi Revitalisasi Coolsingel yang melayani berbagai pertanyaan warga dan media informasinya memberi tekanan pada kata Cool, yang pada kenyataannya memang Coolsingel menjadi benar-benar keren.

Iklan “Lihat! Kita sudah setengah selesai!” Foto: coolsingel.nl