Piet Pelle Bikes to Work…

Banyak negara sudah menerbitkan peraturan yang mendorong masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Semua negara Benelux (Belgia, Belanda, Luxemburg), Prancis, Jerman, Inggris memberi insentif bagi pesepeda dengan berbagai cara, ada yang berupa potongan pajak hingga Rp 5juta bagi pesepeda, Ada juga dengan cara mewajibkan setiap kantor memberi tunjangan transport bebas pajak maksimal Rp. 3.000 per kilometer hingga10-15 km. Pekerja bebas menggunakan tunjangan itu apakah untuk membeli bbm, atau digunakan untuk kredit sepeda.

Pabrik sepeda pun memanfaatkan peraturan tunjangan transport ini untuk menawarkan kemudahan pembelian sepeda dengan memberi kredit tanpa bunga kepada kantor-kantor yang menjamin pembelian sepeda bagi karyawannya. Kredit bisa dibayar dengan tunjangan transport Rp 3000 per kilometer. Seperti yang dilakukan oleh Gazelle dengan program “Piet Pelle and his new bicycle plan”.

archief.gazelle.nl

Bagi penggemar sepeda Gazelle, pasti mengenal Piet Pelle, tokoh kartun dalam setiap promosi sepeda Gazelle. Ia sudah lama menghilang dari kegiatan promosi. Muncul pertama kali pada 1908 dalam iklan Gazelle yang berbentuk komik namun terhenti pada 1930an. Duapuluh tahun kemudian kembali muncul dengan tampilan yang lebih manis beserta orangtuanya yang lebih cantik dan ganteng, tapi menghilang lagi di era 90an.

Dan sejak 2015, ketika insentif dari pemerintah Belanda diperbaharui, muncullah Piet Pelle junior, mempromosikan sepeda dan sepeda listrik Gazelle untuk ke kantor dengan video-video klip gaya tempo dulu. Pabrik-pabrik sepeda kita seharusnya juga berinovasi agar para CEO perusahaan/departemen memberi insentif dan kemudahan bagi karyawan agar bersepeda dan mencari bentuk kerjasama agar membeli produknya.

Dalam rangka merebut pasar di Hindia Belanda tempo dulu, sekitar tahun 1920an, Gazelle pernah menerbitkan komik ala Piet Pelle berbahasa Melayu . Komiknya dibuat oleh André Vlaanderen, pencipta logo Gazelle, untuk promosi periode 1924-1928, berjudul “Tjeritera jang menarik hati: how a good, smart and brave man gets a princess for his wife”. Sayangnya André Vlaanderen tidak pernah ke Hindia Belanda, sehingga karyanya ini tidak seoptimal karya-karyanya yang lain. Oktober tahun lalu komik ini pernah dipamerkan di National Bicycle Museum Velorama di Nijmegen, satu-satunya museum sepeda di Belanda.

archief.gazelle.nl

Untuk melihat komik yang utuh silahkan berkunjung ke sini. Di sana juga bisa dtemui Piet Pelle dan berbagai dokumentasi Gazelle lainnya.

Oh ya, kembali ke bike to work, selain bebas pajak, kantor-kantor juga akan memperoleh berbagai manfaat lain jika pegawainya banyak yang bersepeda: sewa parkir berkurang, atau bisa disewakan ke pihak lain; kemacetan lalu lintas ke kantor berkurang karena sebagian kendaraan sudah beralih ke sepeda; para pegawai lebih bugar, jarang sakit, jarang terlambat, sehingga produktivitas meningkat. Kalau semua kantor di sekitar juga melakukan hal yang sama, maka semakin banyak yang bersepeda, produktivitas negara meningkat, dengan bonus udara jauh lebih bersih, seperti saat kita “di rumah saja” beberapa waktu yang lalu. []