Mari luncurkan Wisata Sepeda

Menteri Sandiaga Uno akan membuka pariwisata bebas Covid di kawasan zona hijau, rute Sanur ((Bali) – Gili Tawangan (NTB), dengan berfokus pada wisatawan lokal serta pengawasan protokol kesehatan yang ketat.
Ini kabar yang memberi harapan dimulainya pergerakan ekonomi bagi kawasan tersebut.

Tidak disebutkan secara rinci jenis wisata apa saja yang mulai dibuka pada Juni-Juli besok itu. Andaikan belum terpikirkan, kami menyarankan untuk memasukkan wisata sepeda. Wisata sepeda memberi manfaat ekonomi cukup besar pada perekonomian lokal di sepanjang jalur wisata. Juga perlu diubah mindset bahwa sepeda hanyalah alat olahraga, bahwa wisata sepeda hanya eksis ketika penyelenggaraan event tour. Wisata sepeda hadir setiap hari, dilakukan tidak hanya oleh para olahragawan. Kita bisa melihat banyak indivivu dan kelompok yang berwisata sepeda melalui postingan instagram atau youtube.

data jumlah perjalanan wisata sepeda di AS

Wisata sepeda adalah potensi besar yang terabaikan. Setiap pesepeda akan menikmati keindahan alam yang lebih banyak, yang tersembunyi dari pandangan wisatawan kendaraan bermotor. Bahkan tanpa jalur sepeda pun mereka bisa mencapai ke pelosok-pelosok atau ke puncak gunung.

Kebutuhan pemandu wisata dan kesertaan keluarga

Pesepeda juga membutuhkan tempat istirahat sejenak, shower, konsumsi, akomodasi, parkir sepeda, cinderamata dsb di sepanjang rute. Dan tentunya membuat ekonomi ritel lokal meningkat. Semakin lama mengelilingi dan mengunjungi tempat-tempat menarik, belanjanya pun akan semakin banyak, membantu menaikkan kesejahteraan penduduk. Kreativitas dan inovasi akan berkembang jika mendapat bimbingan yang tepat.

Bike Park Mandalika

Hari Sepeda Dunia pada 3 Juni mendatang bisa menjadi momen tepat untuk peluncuran jalur wisata sepeda di rute Sanur – Gili Tawangan. Kawasan Bike Park di Lombok bisa menjadi tempat yang sangat menarik untuk itu. Persiapan infrasruktur sedang dikembangkan di sana, untuk kawasan lainnya mungkin terlalu singkat, namun bisa dilengkapi sambil berjalan.

Belanja, jarak dan waktu yang dihabiskan wisatawan sepeda

Persiapan dasarnya berupa pemetaan kawasan wisata, juga kawasan potensial yang berada di luar jangkauan jalan raya atau pun jalur sepeda, yang bisa kita sebut sebagai jalur wisata sepeda. Tentu dengan memberi tanda-tanda penunjuk arah. Dengan menandainya dalam aplikasi Bike Map maka promosi tempat-tempat wisata sepeda akan lebih mudah disebarkan melalui media sosial. Foto-foto indahnya pemandangan alam saja sudah cukup menjadi daya tarik bagi petualang yang tidak mengutamakan infrastruktur.

Jenis kegiatan yang disukai di samping bersepeda

Layanan transportasi sepeda merupakan sarana yang sering terlupakan. Kereta api bisa menyediakan gerbong khusus sepeda, bus antar kota bisa memasang rak sepeda di hidung bus. Stasiun dan terminal perlu memberi fasilitas untuk sepeda. MRT Jakarta memberikannya dengan sangat baik, bisa menjadi acuan.

Makanan favorit

Tempat parkir sepeda yang aman, bukan hanya sekedar untuk menaruh sepeda, juga faktor penting bagi tempat-tempat yang ingin dikunjungi pesepeda. Pesepeda akan membawa masuk sepedanya ke restoran jika tidak ada tempat parkir sepeda yang aman.

Pilihan akonodasi

Beberapa institusi menganggap bahwa wisata sepeda adalah masa depan pariwisata yang berdampak tinggi bagi ekonomi lokal. Pak Sandiaga Uno pasti sudah melirik ke sana ya pak?