Isyarat Pesepeda

Kendaraan bermotor saling berkomunikasi melalui lampu, untuk memberitahu pengendara lain jika ingin berhenti, mundur atau belok, agar keselamatan masing-masing terjaga.
Demikian pula pesepeda yang berbagi jalan dengan pesepeda dan pengendara lain, wajib memberitahu niat pergerakannya melalui isyarat tangan.

Aturan mengenai isyarat ini dan berbagai persyaratan lain tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 59/2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.


Mari kita kenali dan kita gunakan isyarat pesepeda untuk keselamatan bersama. Pastikan untuk memberi isyarat sebelum melakukan pergerakan sehingga pengendara lain memiliki waktu untuk mengantisipasi.

Rentangkan lengan kanan menjauhi tubuh hingga setinggi bahu sebagai isyarat bahwa kita akan berbelok ke kanan,


Rentangkan lengan kiri menjauhi tubuh hingga setinggi bahu untuk isyarat belok kiri.

Angkat salah satu tangan di samping atas kepala sebagai isyarat untuk berhenti.

Ayunkan tangan dari belakang ke depan sebagai isyarat memberikan Jalan kepada pengendara lain.

Disamping isyarat dalam Peraturan Menteri tersebut, terdapat pula isyarat universal untuk berkomunikasi antar dua atau lebih pesepeda yang beriringan.

Isyarat untuk adanya hambatan berupa polisi tidur, jalan bergelombang, rombongan ternak, atau jalan kereta, tangan di belakang tubuh digerakan seakan menggambar garis,

Jika mendekati jalan licin atau jalan berbatu yang berpotensi membuat tergelincir, isyaratkan dengan merentangkan tangan, telapak menghadap ke bawah dengan gerakan seperti mengepel lantai.

Akan adanya bahaya di depan, misalnya pintu mobil terbuka, diberikan isyarat dengan menggunakan tangan di sisi bahaya itu berada, telunjuk mengarah pada posisi yang perlu di ambil.

Untuk mengisyaratkan adanya lubang berbahaya, rentangkan tangan di sisi lubang itu berada dan menunjuk ke bawah, jika sempat beri gerakan membuat lingkaran.

Rentangkan tangan agak ke belakang dengan telapak menghadap ke bawah sambil digerakan naik turun sebagai isyarat akan memperlambat laju sepeda.

Isyarat untuk berterimakasih dan diperjelas dengan senyuman ketika diberi prioritas untuk melaju oleh pengendara lain. [-]

Sumber: Dephub.go.id; Road Cycling UK