HUT ke-15 B2W Indonesia

Bismillahirrohmanirrohiim
Salam sejahtera
Om swastiastu
Namo buddhaya
Salam kebajikan

Hari ini, 27 Agustus 2020, adalah hari bersejarah bagi Bike2Work Indonesia. Di hari-hari ini, sekira 15 tahun lalu, gerakan moral untuk bersepeda ke kantor dibentuk. Bike2Work Indonesia kemudian menjadi wadah bagi sahabat pegiat sepeda untuk menyuarakan empat hal:

# KAMPANYE bersepeda sebagai cara untuk menciptakan kualitas hidup yang lebih baik dengan cara menjadikan sepeda sebagai alat transportasi harian.
# EDUKASI bersepeda kepada pesepeda itu sendiri, pengguna jalan lain, pelajar, dan seluruh pihak, terkait isu kesehatan, lingkungan hidup, keberagaman, tata kelola kota, lalu lintas, dan sebagainya.
# ADVOKASI khususnya pada pemangku kebijakan (Lembaga Eksekutif), pembuat undang-undang (Lembaga Legislatif), penegak hukum, institusi kenegaraan, baik pusat maupun daerah, untuk memberikan rasa aman bagi pesepeda dan pejalan kaki di jalan raya.
# Menjalankan fungsi SOSIAL sebagai bagian dari masyarakat dengan melakukan ragam kegiatan seperti pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan UKM, penyaluran bantuan yang sifatnya temporer maupun insidental, pembangunan fasum-fasos, dan sebagainya.

Di usianya yang ke-15, tentu terlalu banyak kegiatan yang bisa dipaparkan di sini. Berikut adalah kegiatan yang sedang kami lakukan SAAT Ini:
1. Re-launching Rumah Sepeda Indonesia, tempat berkumpul bagi pegiat sepeda Indonesia apapun komunitasnya.
2. Re-launching website Bike2Work.
3. Sepeda Berbagi (bersama ITDP) dengan menyediakan sepeda gratis bagi pengguna transportasi umum di beberapa titik di Ibukota.
4. Kegiatan sosial berbagi sepeda kepada puluhan tempat dan ratusan sahabat di seluruh Indonesia.
5. Membuat Buku Panduan Bersepeda yang telah launching, yang kelak disisipkan dalam produk sepeda, jersey, helm, agar pengguna sepeda teredukasi terutama terkait dengan tertib dan patuh aturan lalu lintas.
6. Puluhan kerjasama dengan UKM dan korporasi untuk bergerak bersama.
7. Puluhan diskusi online perminggunya.
8. Bantuan pendanaan pada mereka yang membutuhkan, pun pada komunitas.

Terima kasih atas dukungan sahabat pegiat sepeda semua. Salam satu sepeda sejuta sahabat.

Sumber tulisan: https://www.instagram.com/b2w_indonesia/