Hari Sepeda yang powerful

Hari Sepeda Dunia yang ke-empat ini berpotensi cukup kuat dalam sosialisasi berbagai manfaat sepeda, baik untuk perorangan mau pun bagi kehidupan sosial ekonomi perkotaan dan bagi lingkungan hidup.

Pandemi sangat membantu dalam melahirkan kebijakan-kebijakan perkotaan sekaligus percepatan pembangunan infrastruktur sepeda dan pejalan kaki di berbagai kota besar dunia.

Salah satu yang sangat berarti dalam percepatan penggunaan sepeda sebagai alat transportasi adalah apa yang disampaikan oleh Gubernur DKI Anies Baswedan setelah bersaa-sama bersepeda dari rumah ke kantor pada Hari Sepeda Dunia kemarin dan menyaksikan serta mengalami sendiri berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada.

Anies beranggapan sepeda mestinya bisa menjadi alat transportasi alternatif. Hal ini bisa terlaksana bila perkantoran, juga tempat usaha, menunjangnya.


“Kalau belum bisa ke kantor naik sepeda, kantor menyiapkan sepedanya,” ujarnya di Kementerian Perhubungan ,pada 3 Juni 2021, seperti yang dilaporkan inanews.

Lebih jauh Gubernur juga mendorong agar setiap kantor dan tempat kerja menyediakan shower atau kamar mandi, seperti yang beberapa kali telah kita singgung. Pengalaman bersepeda ke kantor memang akan membuat kita tersadar akan berbagai kebutuhan, maka jpenyediaanya akan menjadi faktor penting dalam peningkatan pengguna.

Sepeda, sambungnya, bisa dugunakan sebagai alat mobilitas karyawan untuk jarak pendek. Bila ini dijalankan maka semua akan menjadi terbiasa hinga akhirnya sepeda pun menjadi alat transportasi alternatif. Apalagi, saat ini sepeda juga bukan alat olah raga eksklusif.

“Kita manfaatkan sepeda untuk bisa benar-benar alat transportasi,” katanya.


Anies Baswedan juga mengusukan agar kantor dan tempat usaha tak hanya menyediakan sepeda tapi juga tempat parkir. Selain itu, kamar mandi bagi pesepeda.

“Gedung-gedung punya kewajiban menyediakan tempat parker sepeda, minimal 10 persen dari luas parker yang tersedia,” katanya. “Shower juga disiapkan agar pekerja yang memilih berangkat kerja naik sepeda bisa nyaman arena ada fasilitas penunjang.”

Kutipan berita dari:

ihttps://m.harianterbit.com/read/134376/Setelah-Jalur-Khusus-Anies-Usul-Perkantoran-Siapkan-Sepeda-Tempat-Parkir-sampai-Shower