12 Kelebihan Sepeda

Banyak alasan disodorkan oleh berbagai pemerintah kota hingga PBB agar masyarakat menggunakan sepeda, bukan hanya sebagai alat olahraga, tetapi utamanya sebagai alternatif transportasi yang layak dan memiliki banyak kelebihan dibanding moda transportasi lain.

Dari berbagai sumber, dapat kami rangkum 12 alasan, baik bagi individu, dan dari sudut ekonomi terutama juga bagi perusahaan, kota dan negara:

1, Lebih menyehatkan
Risiko diabetes, kanker, penyakit kardiovaskular dan depresi menjadi berkurang. Sebuah riset dari UK memperoleh data bahwa bersepeda memiliki kaitan dengan menurunnya hingga 45% risiko pertumbuhan kanker, risiko penyakit kardiovascular menurun hingga 46% dibanding pengguna mobil dan transportasi publik.
Ekspektansi hidup lebih panjang rata-rata 3,4 tahun karena setiap hari menghirup udara bersih, sedangkan udara kotor yang terhirup akan mengurangi ekspektansinya dari 1 hingga 40 hari. Selain itu, bersepeda juga mencegah obesitas.

cyclodelic.co.uk

2. Membangkitkan perasaan positif
Laporan ke Dewan Riset Transportasi di Washington DC menyebutkan bahwa mereka yang berjalan kaki atau bersepeda setiap hari cenderung merasa lebih puas, kurang stress, lebih santai dan memiliki kebebasan lebih besar dibanding pengguna mobil.

stock photo

3. Hemat biaya BPJS
Riset di Belanda mengkalkulasi bahwa bersepeda berhasil mencegah 6.500 kematian per tahun dan menambah 6 bulan ekspektansi hidup. Ini bisa diterjemahkan bahwa mereka lebih sehat, mengurangi biaya penggunaan jasa rumah sakit. Di Inggris, sustrans.org.uk dalam laporannya menyatakan bahwa National Health Service bisa menghemat 319 juta Poundsterling.

theguardian.com

4. Hemat emisi karbon
Sepeda tidak mengeluar emisi. Setiap mobil yang beralih ke sepeda setara dengan mengurangi 125 gram CO2 per kilometer. Berarti setiap 7 km perjalanan bersepeda akan menghilangkan produksi 1 kg CO2 dari mobil yang digantikannya. Setiap tahun Belanda mengurangi 1,41 juta ton CO2 hanya karena bersepeda, setara dengan menanam 54,4 juta pohon per tahun.

reddit..com

5. Hemat biaya iklim
1 ton CO2 bernilai 20.000 Dollar di pasar karbon.
Sepuluh tahun lalu, hanya 7,4% penduduk Eropa yang bersepeda, jika dikalkulasi menjadi 94 milyar kilometer atau hemat 13,5 juta ton CO2 atau 270 milyar Dollar manfaat yang diperoleh per tahunnya.

visual.ly

6. Hemat biaya infrastruktur
Biaya pemeliharaan infrastruktur per tahun per kilometer per orang untuk sepeda berbobot 10 kg dibanding 2.000 kg berat mobil tentu jauh berbeda.

@Cycling_Embassy

7. Hemat jejak manufaktur
Setiap produk memiliki dampak lingkungan. Dibandingkan dengan mobil, sepeda hanya membutuhkan sedikit sekali material dan energi, serta biaya distribusi yang jauh lebih murah.

redbubble.net

8. Hemat biaya transportasi
Biaya bersepeda di Amerika berkisar 2-3 juta Rupiah per tahun, sementara mobil membutuhkan 40-60 juta Rupiah.

bikewrappers.com

9. Hemat biaya perawatan dan perbaikan
Perbedaannya sudah sangat jelas, semahal-mahalnya sepeda, tidak akan melebihi biaya perawatan dan perbaikan mobil.

nerdwallet.com

10. Hemat ruang publik
Setiap ruang publik yang digunakan untuk parkir mobil, setara dengan 12 sepeda. Apabila 200 orang di setiap moda transportasi, diberi waktu yang sama, berjalan selama 38 menit, video ini menunjukkan berapa besar ruang yang dibutuhkan.

11. Hemat waktu
Bersepeda jauh lebih cepat. Ketika mobil-mobil menderita dalam kemacetan, sepeda leluasa melintas di jalurnya sendiri.
Video berikut menunjukkan berapa lama waktu dibutuhkan oleh 200 orang di setiap moda transportasi untuk mencapai tujuannya, jika lebar ruang yang diberikan sama.

12. Lebih produktif
Pesepeda jauh lebih produktif karena kondisi fisiknya lebih sehat, lebih cepat sampai di tempat kerja. Pesepeda membuat perusahaan dan kantor lebih efisien. Setiap perusahaan dan departemen seharusnya mendorong dan memfasilitasi para pesepeda dengan lebih baik lagi. [.]