Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Gowes Mudik (Pulang Kampung) ala Pesepeda Tahun 2017

June 16 @ 7:00 pm - June 24 @ 5:00 pm

B2W Indonesia– Ya…. benar !! Mudik atau biasa disebut Pulang Kampung saat Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) adalah tradisi yang (mungkin) hanya ada di Indonesia, tidak hanya menggunakan transportasi umum seperti Bus (darat), Kapal (laut) dan Pesawat Terbang (udara) namun bagi sebagian para pengguna sepeda yang selalu ber-Bike to Work (baca: melakukan aktivitas dari tempat satu ke tempat lain dengan menggunakan sepeda sebagai moda transportasi alternatif) tidak asing lagi jika Mudik dengan menggunakan sepeda (baca: Gowes Mudik) dan bahkan tahun ini ada yang sudah ke-sekian kalinya melakukan gowes mudik.

Seperti yang disampaikan oleh Om Poetoet (21/5) yang saat ini sebagai Ketua B2W Indonesia, ada beberapa teman yang bertanya tentang tujuan gowes mudik, selain memang suka sepeda’an agak jauh bahkan ada yang lebih jauh, maka misi gowes mudik ini antara lain:

1. Menunjukkan bahwa sepeda bisa menjadi alat transportasi alternatif
2. Dari sisi ibadah bahwa bersepeda jarak jauh sambil tetap berpuasa adalah suatu hal yang bisa dilakukan, ini menunjukkan bahwa puasa tidak seharusnya menjadi alasan untuk bermalas-malasan dan tidak produktif

…selain hal diatas, Om Poetoet berujar, “untuk teman-teman yang muslim, sekedar mengingatkan dan sepatutnya dijalankan¬† karena gowes mudik dilakukan bersamaan dengan bulan suci ramadhan yang hanya setahun sekali maka 1) harus tetap berpuasa walaupun berkatagori musafir dan 2) harus tetap menjalankan ibadah wajib dan memperbanyak amalan-amalan sunnah, sebisa mungkin lakukan tarawih walaupun sendiri, dzikir, ngaji, dan lain-lain. Oleh karenanya atur sebaik mungkin ritme/jadwal gowes sehari-harinya, pelajari rute sebaik-baiknya (hitung jarak dan kemampuan kayuhan) sehingga dapat menjalankan 2 hal tersebut diatas”

Ka-ki: Eddy Susilo & om Julius (15/6).

Saat tulisan ini diunggah (21/5) tercatat kurang lebih 55 pesepeda yang akan melakukan “ritual gowes mudik” dan bertambah hingga saat ini (15/6) menjadi kurang lebih 100 pesepeda, dari dan tempat tujuan yang berbeda-beda, namun tetap satu tujuan, yaitu bertemu dengan orang-orang terkasih dan keluarga tercinta.

Dengan semakin bertambahnya peserta #Gowesmudik2017 ini, Kementerian Pariwisata mulai melirik dan mendukung #Gowesmudik2017 ini sebagai gaya hidup yang lebih mementingkan lingkungan tanpa asap kendaraan bermotor dan bisa menjadi salah satu pegiat promosi pesona alam Indonesia bagi wisatawan manca negara khususnya dan wisatawan domestik pada umumnya. Dengan #Gowesmudik2017 diharapkan semakin banyak potret alam Indonesia yang mempesona ditemukan dan disebarkan melalui semua media termasuk media sosial (medsos), sehingga Wonderful Indonesia semakin nyata, ujar Kepala Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Eddy Susilo yang ditemui di ruang kerjanya Jl. Merdeka Barat No.17, Jakarta Pusat (15/6).

Bagi para pelaku Gowes Mudik 2017, selamat mempersiapkan diri !!

Jangan lupa beristirahat jika merasa kelelahan di posko relawan yang sudah disiapkan, seperti pada tabel berikut ini.

Namun demikian, satu hal yang perlu selalu diingat adalah #Safety Riding: antara lain gunakan Helm, Kacamata, Sarung Tangan, Lampu Sepeda Depan & Belakang dan Sepeda yang siap pakai.

Salam Satu Sepeda Sejuta Sahabat, Satu Sepeda Satu Indonesia !

#Gowesmudik2017
#Bike2work
#WonderfulIndonesia
#PesonaIndonesia
#Speedjersey
#Lacakin

>Jls

Organizer

Bike2Work Indonesia
Email:
humas@b2w-indonesia.or.id
Website:
www.b2w-indonesia.or.id

Venue

Gowes Mudik (Pulang Kampung) ala Pesepeda Tahun 2017
Kebayoran Baru
DKI Jakarta, DKI Jakarta 12190 Indonesia
+ Google Map
Website:
www.b2w-indonesia.or.id
. .