Viking Biking Ajak Warga Semarang Bersepeda


B2W Indonesia- Semarang, 17 Mei 2017.- Kedutaan Besar Denmark di Jakarta bekerjasama dengan Komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia menggandeng Pemprov Jawa Tengah, Pemkot Semarang dan pihak-pihak lain di kota Semarang untuk mengkampanyekan gerakan bersepeda sebagai moda transportasi alternatif dengan mengusung tema “Viking Biking” di Semarang.

Acara ini juga merupakan sebuah kampanye untuk memperlihatkan kepada warga kota Semarang, Jawa Tengah bahwa bersepeda merupakan pilihan transportasi yang lebih sehat dan bersih  daripada menggunakan kendaraan bermotor yang tidak mendukung pelestarian lingkungan dan sumber daya alam.

“Denmark adalah salah satu Negara di Eropa bagian Utara yang dikenal sebagai Negara Skandinavia atau disebut juga sebagai Bangsa Viking. Negara-negara Skandinavia ini sangat concern dalam isu-isu pemanasan global dan pelestarian lingkungan. Untuk itu Kedutaan Besar Denmark di Jakarta dan komunitas B2W-Indonesia mengadopsi semangat pelestarian lingkungan dan hidup sehat untuk gerakan ini,” ujar Poetoet Soedarjanto, Ketua B2W Indonesia.

Melalui acara Viking Biking ini, Kedutaan Besar Denmark juga ingin mengajak Warga Negara Indonesia, khususnya warga Semarang dan sekitarnya untuk mulai menggunakan sepeda sebagai moda transportasi alternatif bagi tujuan kesehatan dan dalam rangka mengurangi dampak dari pemanasan global akibat polutan dari paparan asap kendaraan bermotor.

“Kami sangat senang dapat melakukan aksi positif Viking Biking ini bersama masyarakat Semarang dan kami harapkan budaya bersepeda semakin digalakkan oleh semua lapisan masyarakat. Terima kasih atas dukungan pemerintah provinsi Jawa Tengah, pemkot Semarang, dan semua pihak terkait untuk kesuksesan acara ini,” ujar Casper Klynge, Duta Besar Denmark untuk Indonesia saat diterima oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah di Kantor Gubernur Jawa Tengah (17/5).

Sebelumnya, Kedutaan Besar Denmark di Jakarta bersama Komunitas B2W untuk Indonesia juga telah melakukan gerakan bersepeda ini di sejumlah kota lain di Indonesia termasuk Jakarta, Makassar, dan Pontianak. Seperti diketahui, Jakarta dan Semarang merupakan dua kota besar di Indonesia yang lalu lintasnya sangat padat.

Dalam acara Viking Biking ini, rombongan Duta Besar Denmark bersama Komunitas B2W untuk Indonesia, Bapak Gubernur Jawa Tengah, Bapak Walikota Semarang, dan perwakilan dari instansi-instansi pemerintah di Jawa Tengah, kodam, kepolisian, dan masyarakat umum akan menyusuri rute yang dimulai dari Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, menuju Simpang Lima, Jl. Ahmad Yani, Jl. MT Haryono, Bubakan, Kota Lama, Jl. Pemuda, Lawang Sewu, Jl. Pandanaran, Taman KB lalu berakhir di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali.

Viking Biking di Semarang 17/5/2017

Ki-ka: Hendrar Prihadi – Walikota Semarang; Casper Klynge – Duta Besar Denmark untuk Indonesia; Ganjar Pranowo – Gubernur Jawa Tengah; Poetoet Soedarjanto – Ketua B2W Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tentang Bike to Work (B2W) Indonesia

Berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung (Komunitas Jalur Pipa Gas) yang punya semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan, lahirlah Komunitasa Pekerja Bersepeda (Bike-to-Work Community) yang kemudian menggagas kampanye pertama penggunaan sepeda ke tempat kerja pada 6 Agustus 2004 di Plaza Danamon, yang dihadiri oleh 150 pesepeda. B2W lahir dari keprihatinan akan kemacetan, pemborosan energi & meningkatnya polusi yang akan berakibat pada degradasi kecerdasan & mental manusia Indonesia. B2W memiliki tujuan mulia yaitu menjadikan sepeda sebagai alat transportasi alternatif dan juga mewujudkan jalur prioritas sepeda serta fasilitasnya di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut:
Poetoet Soedarjanto
Ketua B2W Indonesia
HP: 0813 4931 2654
E-mail: poetoet­_s@b2w-indonesia.or.id
www.b2w-indonesia.or.id

Tags: , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

. .