Upacara Bendera Lintas Komunitas Sepeda Indonesia-17 Agustus 2016


Foto-17an-3B2W Indonesia-Jakarta, 17 Agustus 2016 – Hari ini Indonesia merayakan hari kemerdekaannya yang ke-71. Hari kemerdekaan ini identik dengan pelaksanaan upacara dan pengibaran bendera yang diadakan oleh semua kalangan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Atas (SMA), pegawai negeri sipil maupun warga sipil yang tergabung dalam komunitas di Jakarta. Komunitas Bike to Work Indonesia (B2W) bersama komunitas sepeda lainnya mengadakan upacara bendera lintas komunitas sepeda Indonesia di Plaza Selatan Gelora Bung Karno, Jl. Jend. Sudirman Jakarta, yang sudah menjadi tradisi dari tahun-tahun sebelumnya.

Upacara yang dimulai pada pukul 07:00 wib dihadiri kurang lebih 300 pesepeda dari berbagai komunitas di Jakarta dan sekitarnya antara lain: Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Komunitas Onthel Batavia (KOBA), Asosiasi BMX Indonesia (ABI), Komunitas MTB Indonesia, Komunitas Fixie Jakarta (Fixietas), Komunitas IPDN (Ikatan Penikmat Djalan Nandjak), Komunitas Id-Folding, Komunitas Kompas Gramedia Cycling, Komunitas Low Rider, Komunitas Bike Pe’A, IPSJ, Koskas, JGS, ITB Lintang, PXR, Summitmas Cycle, dll.

“Kami kembali melibatkan anggota Paskibra dari sekolah Nuruljanah dan tahun ini sebagai Inspektur Upacara adalah Letjend. Purn. Soeyono (Ketua Dewan Penasehat KOSTI), dan sebagai pembaca Deklarasi Satu Sepeda Satu Indonesia adalah Risa Suseanty, atlet sepeda Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan atas prestasinya dari dalam dan luar negeri”, Toto SugitoFoto-17an-1 Ketua Umum B2W menjelaskan di Jakarta.

Toto menambahkan bahwa dengan tema: BERSATU, BERKARYA, NYATA upacara bendera lintas komunitas sepeda Indonesia ini sudah kali ke-3 dengan tujuan untuk memperingati jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia dan menumbuhkan semangat nasionalisme untuk dapat mempersatukan seluruh Komunitas Sepeda dan melakukan karya nyata bagi bangsa.

Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antar pesepeda dan mensosialisasikan misi “Satu Sepeda Satu Indonesia” serta mempererat tali persaudaraan antar pesepeda. Seruan atas hak pesepeda sebagai pengguna jalan raya terus menerus dilakukan. Berdasarkan Undang Undang No. 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebutan tentang hak pesepeda, yaitu fasilitas di jalan raya berupa jalur khusus pesepeda di jalan utama.

Contoh lain yang bisa dijadikan referensi untuk bersepeda antara lain yang belum lama ini diberlakukan sistem ganjil genap di sepanjang jalan protokol dan jalan utama oleh pemerintah di Jakarta. Tentu saja sistem ini tidak berlaku bagi pengguna sepeda sehingga bisa melintasi jalur tersebut tanpa terkendala apapun.

Foto-17an-2“Kami yakin dan percaya, bahwa setiap langkah dan niat baik yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri dan masyarakat luas. Bersepeda adalah solusi untuk kesehatan jiwa dan raga”, ujar Fahmi Saimima, Sekjen KOSTI. Tujuan lain dari upacara bendera pada saat ini adalah untuk mendapatkan hak kemerdekaan pesepeda di jalan raya. Sesama pengguna jalan raya, mari bersama-sama saling menghormati sehingga bisa selamat sampai ke tempat tujuan masing-masing,” kata Fahmi.

Satu Sepeda Satu Indonesia ! MERDEKA !

Detail informasi:
Toto Sugito – Ketua Umum B2W Indonesia (+62818 127096, toto@b2w-indonesia.or.id)
Fahmi Saimima – Sekjen KOSTI (+62812 90201000, retropolitz@gmail.com)
Rio – Ketua Fixietas (+6281226812721, karfianda@gmail.com)

Foto-foto by: Yustanto Raditya

Tags: , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

.