Jalan Layang Khusus Sepeda di Kota-kota Besar di Indonesia; BISA ?


B2W Indonesia – Di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, banyak dibangun jalan layang hanya untuk kendaraan bermotor. Lansekap kota yang cantik biasanya diisi dengan jalan besar untuk kendaraan bermotor. Namun lain halnya dengan di negara-negara yang lebih maju, Hovenring, jalan layang keren di Belanda ini justru dikhususkan untuk sepeda.

Hovenring adalah sebuah jhovenring-@imgur-comalan lingkar pertama di dunia yang dikhususkan untuk sepeda. Arti kata ‘Hovenring’ sendiri adalah ‘kumpulan lingkaran (ring) Hovens’. Hoven merupakan nama daerah di Belanda, dimana tempat jalan lingkar tersebut berada yaitu Eindhoven, Veldhoven, dan Meeerhoven.

Belanda memang merupakan negara yang warganya sangat senang bersepeda. Di setiap jalan selalu disediakan tempat untuk pesepeda. Sebuah jalan layang yang cantik di negeri kincir angin ini pun diperuntukkan khusus para pesepeda.

Jalan yang menakjubkan ini memiliki ketinggian 70 meter. Jalan layang yang dibuat oleh Ipy Delft ini memiliki seribu ton dek besi jembatan dan 24 kabel besi. Lebih hebatnya lagi, jalanan Hovenring dilengkapi dengan lampu-lampu super canggih. Pada malam hari, jalanan ini akan menyala dengan terang. Selain menyinari jalan layang itu sendiri, perempatan di bawah jalan ini juga ikut diterangi oleh lampu LED yang ada di Hovenring.

Hovenring, jalan layang keren di Belanda khusus untuk sepeda ini selesai dibangun tahun 2011. Sayang karena adanya getaran kuat yang disebabkan oleh angin, jalan ini sempat ditutup. Setelah masalah getaran angin tersebut bisa dipecahkan, Hovenring dibuka lagi pada Juni 2012 lalu.

Bagaimana dengan di negara kita? Sudah banyak cendekiawan, pemikir, pemerhati lingkungan, penggiat dan apapun itu namanya di negara yang disebut Indonesia. Sudah saatnya Indonesia juga memikirkan hal ini, terkait dengan lingkungan.

#Salam Satu Sepeda Sejuta Sahabat
#Salam Satu Sepeda Satu Indonesia

referensi: http://intisari-online.com

Tags: , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

. .