Di Jerman Ada Jalan Tol Sepeda Sejauh 100km


Jalan Tol Sepeda JermanB2W Indonesia – JIKA di Indonesia pengendara sepeda motor dianaktirikan dan pemilik kendaraan roda empat mendapat perlakuan istimewa, di negeri maju seperti Jerman justru kebalikannya.

Negeri itu bahkan membuat jalur khusus bebas hambatan justru buat pengendara sepeda seperti diwartakan borepnada.com

Jerman sebelumnya memang dikenal sebagai negara dengan banyak jalan highway atau autobahn di mana mobil-mobil mewah bisa ngegas pol kendaraannya secepat angin layaknya jet darat.

Kini, tak lama lagi, Jerman bukan cuma punya jalan bebas hambatan bagi kendaraan bermesin, tapi juga pengendara sepeda. Jalan tol khusus sepeda ini rencananya dibangun sepanjang 100km dengan nama Bicycle Superhighway.

autobahn_3Jalan tol khusus sepeda ini dibangun menghubungkan 10 kota bagian barat Jerman termasuk Duisburg, Bochum, dan Hamm. Jalan ini juga terhubung ke empat universitas besar di Jerman.

Selain menghubungkan banyak kota, jalur ini juga bisa menghubungan negara lain di sekitar Jerman seperti Denmark (22km antara Kopenhagen dan Albertslund), Belanda (7km antara Breda dan Etten-Leur).

Jalan Tol Sepeda JermanSaat ini, pembangunan Bicycle Autobahn ini baru sejauh 5km (sudah bisa dimanfaatkan). Jalan ini disebut-sebut akan mengurangi kepadatan lalu lintas. Pasalnya, jika kelak selesai dibangun, 2 juta penduduk di seputaran jalan ini bisa memanfaatkannya sekaligus mengurangi 50 ribu kendaraan bermotor yang biasa mereka gunakan setiap hari.

Jalan tol sepeda ini dibangun tanpa stopan, tanpa traffic light, tanpa polisi tidur pastinya, tanpa speed trap (jebakan kecepatan) yang menyebabkan pengendara terpaksa mengurangi kecepatan.

Intinya, jalan ini mulus tanpa halangan karena merupakan single line sepanjang 100km. Ibaratnya, jika di Indonesia, jalan ini benar-benar bebas angkot, truk, atau sepeda motor yang bisa berseliweran dan kerap berhenti seenak hati. Autobahn ini benar-benar diperuntukkan bagi pengendara sepeda.

Di Indonesia, seberapa pun pengendara sepeda sanggup membayar tarif, tetap dilarang menggunakan jalur tol.

Jerman dapat dikatakan negara pertama yang melakukan ide dan terobosan ini. Sebab, ini benar-benar jalur sepeda. Bukan seperti di Indonesia di mana dibuat jalur sepeda dengan memakan 1m jalan raya umum dan belakangan bahkan banyak digunakan untuk perhentian mobil seenak jidat.

Jalan Tol sepeda Jerman ini dibangun dengan biaya sebesar 196 juta dolar AS (sekitar Rp2,7 triliun) berupa patungan European Union, RVR, dan Nort Rhine-Wesphali.

Negara lain yang kabarnya juga akan membuat jalan tol khusus sepeda adalah Inggris. Namun, jaraknya baru 30km.

Lalu, apakah jalan tol khusus sepeda ini akan menginspirasi pemerintah Indonesia untuk melakukan hal serupa untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan bermotor dan juga emisi polutan yang beracun berupa karbonmonoksida?

sumber: sportanews.com

Tags: , ,

One Response to “Di Jerman Ada Jalan Tol Sepeda Sejauh 100km”

  1. arsul March 9, 2016 at 4:52 am #

    wah enak banget klo bisa balap sepeda disana. kapan yah indonesia juga memberikan jalan khusus untuk para peseda, di jogja ada sih tp blum di maksimalkan penggunaannya

Leave a Reply

.