Bike To Work di Bayar Rp 733 Ribu, Mau?


Kota MassarosaB2W Indonesia – Menikmati udara pagi sambil bersepeda menuju kantor pasti akan lebih menyenangka jika dibayar sekitar Rp 733 ribu. Mau?

Ya, aturan menyenangkan itu ada di sebuah kota Italia, Massarosa. Di sana, para pekerja yang mengayuh sepeda ke kantor — bukan menggunakan kendaraan bermotor — akan dibayar ratusan euro per tahun.

“Dewan kota Massarosa — di sebelah utara Pisa — menyatakan proyek percontohan ini akan membayar 25 sen per kilometer bagi para pesepeda. Atau senilai 50 euro, sekitar Rp 733.000 per bulan,” demikian dilaporkan situs Il Tirreno seperti dikutip dari BBC.

Dengan mengikuti aturan tersebut, berarti penduduk yang menggunakan roda dua tanpa mesin itu akan mendapatkan 600 euro atau Rp 8,8 juta per tahun.

Diberitakan bahwa ini adalah skema pertama sejenis yang diterapkan di Italia.

Sejauh ini, 50 pegawai akan diikutsertakan pada masa percobaan selama 12 bulan. Mereka akan menggunakan aplikasi telepon pintar untuk mencatat jarak yang ditempuh setiap hari.

Skema bersepeda tersebut didanai dari denda yang didapat dari penilangan di kota.

Pejabat setempat, Stefano Natali menyatakan, hukum di sana menyatakan dana harus diinvestasikan ke dalam pengamanan lalu lintas. Dia menambahkan, artinya lalu lintas kelak menjadi tidak terlalu padat dengan tambahan keuntungan untuk kesehatan.

Federation Friends of the Bicycle (FIAB) yang membantu pengembangan ide menyatakan harapannya agar kota-kota lain meniru tindakan Massarosa untuk menerapkan aturan bersepeda.

sumber: liputan6.com

Tags: , ,

One Response to “Bike To Work di Bayar Rp 733 Ribu, Mau?”

  1. andri syahriza February 24, 2016 at 7:54 am #

    kapan negaraku seperti negaramu ?

Leave a Reply

.