#1st Event di Indonesia: Yang Bersepeda Yang Bergaya (Tweed Ride)


Jika selama ini kita gowes dengan mengenakan baju olahraga atau kasual,  rasanya perlu juga sesekali kita pake baju resmi yang gaya.

Jangan takut bakal aneh sendiri jika ingin tampil demikian. Apa lagi ada acara khusus The Tweed Ride Jakarta.

‘Tweed Ride Indonesia’ Serentak di 11 Kota Besar Indonesia

Kegiatan Tweed Ride pertama di Indonesia ini dimulai sejak hari Sabtu (18/10/2014) lalu dan dilaksanakan serentak  di 11 kota besar Indonesia. Di Jakarta, pesepeda yang sudah mengenakan baju rapi itu bersepeda mulai dari Bundaran HI dan berakhir di Taman Suropati.

“Ini serentak di 11 kota. Jakarta, Depok, Bogor, Bandung, Surabaya, Semarang, Gresik, Batam, Jombang, dan Palembang. Pokoknya ini yang pertama aja udah sebelas kota,” ujar inisiator acara Toto Sugito di Taman Suropati, Jakarta Pusat, Sabtu (18/10/2014).

tweed ride Jakarta 2014 - 01Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Bike To Work Indonesia ini menjelaskan, Tweed Ride atau Tweed Run, meniru dari negara Inggris dan rencananya akan terus dilakukan satu kali dalam satu atau dua bulan.

Twees Run Jakarta 2014 02“Jadi nanti mungkin dua bulan atau sebulan berikutnya kita akan bikin lagi. Karena ini sebenarnya kalau di Inggris atau di luar negeri itu fun,” jelasnya.

Toto menambahkan, seluruh komunitas sepeda yang ikut kegiatan ini sengaja berpakaian formal, agar mempersatukan seluruh komunitas sepeda yang ada.

“Kita sengaja berpakaian seperti ini untuk memperlihatkan bahwa sepeda itu gaya loh, fun loh, dan ini mempersatukan semua komunitas,” tambahnya.

Beragam komunitas sepeda yang ikut dalam kegiatan ini ada dari komunitas sepeda ontel, fixie, celli atau folding bike (sepeda lipat), BMX, MTB dan Bike to Work. “Jadi ini namanya sepeda Tunggal Ika. Satu sepeda, satu Indonesia,” tandasnya.

 

Tweed Ride Jakarta merupakan sebuah acara bersepeda bersama para penggemar di Ibu Kota. Dengan mengusung tema ‘Yang Bersepeda Yang Bergaya’.

Tweed Ride atau Tweed Run adalah sebuah event bersepeda bersama dan telah menjadi fenomena di dunia. Event ini diselenggarakan pertama kali di London, Inggris pada tahun 2009, yang dikenal dengan ‘The Tweed Run London’. 

Tweed Ride atau Tweed Run merupakan cara bersepeda yang dilakukan lintas komunitas sepeda untuk berkeliling kota dengan menggunakan pakaian resmi seperti jas dan dasi.

Pada awalnya, The Tweed Run adalah sekumpulan grup pesepeda yang menggowes melalui pusat London, di mana pengendara sepeda diharapkan untuk berpakaian bersepeda ala Inggris tradisional (traditional British cycling attire), terutama pakaian berbahan kain wol (tweed) ditambah celana “plus four suits”.

Plus-fours adalah celana panjang yang panjangnya sekitar 4 inci (10 cm) di bawah lutut. Karena celana klasik ini lebih panjang sekitar 4 inchi dari lutut, maka itu celana ini dinamakan sesuai namanya “Plus Fours” atau “Tambah Empat” (maksudnya 4 inchi lebih panjang dari lutut).

https://spedaontel.files.wordpress.com/2011/06/sepeda-onthel-ontel-oldbike-old-bicycle-vintage-gazelle2.jpg?w=640&h=480

Celana jenis itu sengaja dibuat agak lebih panjang dari ukuran klasik dikarenakan agar pemakainya dapat bergerak lebih leluasa atau lebih bebas dibanding celana tanggung, dan celana jenis ini telah secara tradisional dikaitkan dengan pakaian olahraga dari tahun 1860-an dan seterusnya, dan juga sangat terkait dengan olahraga golf.

Selain celana “plus-fours” ada pula celana sejenis yang dibuat berdasarkan kenyamanannya masing-masing dan juga “dijuluki” sesuai panjangnya (inchi) dibawah lutut, seperti celana plus-twos, plus-sixes dan plus-eights.

Namun berselangnya waktu, “pakem” menggunakan celana “plus-fours” tak selalu sebagai yang utama (default). Banyak peserta atau partisipan yang ikut namun menggunakan pakaian lainnya, yang penting tetap modis.

Setiap sepeda dapat diterima di Tweed Run, tapi lebih dianjurkan memakai sepeda klasik vintage atau ontel yang terkesan kuno atau old-school, dan juga sepeda masih menggunakan teknologi rendah atau low-tech cycling.

https://i1.wp.com/cyclestyle.com.au/wp-content/uploads/AW_SPORTSWEARINTL_DEC11_01.jpgDengan demikian beberapa upaya untuk menciptakan semangat pada zaman dulu akan selalu dihargai

Perjalanan dengan sepeda berikut pakaian modis bergaya klasik ini menjuluki dirinya sebagai “A Metropolitan Cycle Ride With a Bit of Style” atau “Menggowes sepeda ala metropolitan dengan pakaian yang sedikit modis”.

Sejak keberadaan event atau acara Tweed Run itu, beberapa kota di dunia sudah mengadakan acara serupa.

Hingga tahun 2014 selain London, acara yang sudah mendunia ini juga diikuti dikota-kota Birmingham, Glasgow, termasuk seluruh kota di United Kingdom, juga di Amerika Sekikat seperti di kota Milwaukee, Wisconsin; Alpena, Michigan; Traverse City, Michigan; Washington, D.C.; Oakland, CA; Athens, Georgia; Bloomington, Indiana; Boston; Chicago; Curitiba; Dallas, Texas; Des Moines, Iowa; Durango, Colorado; Flagstaff, Arizona; St Petersburg, Florida, Fremantle, Lexington, Kentucky; Philadelphia; Minneapolis; Calgary, Alberta; Victoria, British Columbia; Kansas City, Missouri; Rochester, New York dan San Francisco.

tweed ride Jakarta 2014 poster2Selain itu Tweed Run juga diselanggarakan di kota Moscow; St. Petersburg, Russia; Paris; Pescara, Italy; Riga, Latvia;  São Paulo; Sydney, Western Australia; Helsinki; Tokyo; Toronto; Oldenburg, Berlin dan Stuttgart, Germany; Chihuahua, Mexico; Windsor, Ontario; Vienna, Austria; Rotterdam, Netherlands; Stockholm dan Malmö, Sweden.

Acara ini bahkan banyak yang dijadikan acara ditiap tahunnya. Beberapa diantaranya menjadi acara amal, seperti Malmö Tweed Ride.

Rugby Ralph Lauren mensponsori versi The Tweed Run di London pada 26 November 2011 dan juga Tweed Run pertama di New York  pada tanggal 15 Oktober di tahun yang sama.

Saat bersepeda berkeliling kota dengan sepeda, para peserta acara ini juga mengenakan busana bergaya modern  (jas, dasi, topi, dll).Selama bersepeda dan melalui jalan-jalan di Kota London, mereka menggalang  dana untuk melestarikan aktivitas bersepeda dan untuk kemanusiaan.

Acara dimulai dengan berkumpul bersama di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan dilanjutkan dengan bersepeda bersama hingga Taman Suropati.

Para peserta event ini dihimbau untuk mengenakan busana yang modis dan serapi mungkin. Misalnya, kaum pria mengenakan jas, vest, berdasi, pet, celana, sepatu pantofel. Demikian juga bagi kaum hawa. Acara ini bersifat santai ini dan para peserta tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Dua Dubes Eropa Ikut Meriahkan Tweed Ride Jakarta

Gowes unik ‘Tweed Ride’ yang terdiri dari lintas komunitas sepeda rupanya juga turut menarik perhatian dua Duta Besar (dubes) Eropa. Inisiator Tweed Ride yang juga merupakan ketua komunitas Bike To Work Indonesia Toto Sugito menjelaskan, pihaknya mengundang Dubes Norwegia Stig Traafik dan Dubes Denmark Casper Klynge

tweed ride Jakarta 2014 - 02

“Tadi saya mengundang dua Dubes Norwegia sama Denmark. Mereka hadir, namun mereka enggak bisa ikut kesini karena ada kerjaan. Tapi, next event mereka akan bergerak bersama dubes lainnya,” ujarnya di Taman Suropati, Jakarta Pusat, Sabtu (18/10/2014).

Toto menjelaskan, Tweed Ride adalah acara mempersatukan komunitas untuk sama-sama memperjuangkan hak bersepeda.

Pasalnya, hak untuk bersepeda sudah ada dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, mengenai hak bersepeda. “Sebenarnya Undang-Undangnya sudah ada. Jadi, seharusnya kita mewujudkan kembali jalur sepeda,” jelasnya.

Toto memiliki impian agar Indonesia meniru Eropa yang membiasakan masyarakatnya untuk menggunakan transportasi dengan sepeda. “Kalo kita memperjuangkan hak tersebut, Indonesia bisa kayak Eropa,” tandasnya.

Selain dua dubes Eropa, turut hadir pula artis sekaligus anggota grup band Vierratale, Kevin Aprilio, yang ikut nge-gowes bareng Tweed Ride di Jakarta pada Sabtu 18 Oktober 2014 lalu.

(metrotvnews 1 2 / sportku.com / thejakartapost.com / wikipedia)

Tweed Run Jakarta 2014 06

 

Tags: , , ,

One Response to “#1st Event di Indonesia: Yang Bersepeda Yang Bergaya (Tweed Ride)”

  1. Julius March 31, 2016 at 3:04 pm #

    Kapan tweed ride lagi??

Leave a Reply

.