Inilah Tips Lengkap Merawat Sepeda Gunung (MTB)


Nama Part sepeda MTBB2W Indonesia – Apapun yang terlihat bersih pasti nyaman dilihat, terlebih lagi jika berhubungan dengan kerja suatu alat. Bagi Anda pecinta bersepeda (bikers), menjaga kebersihan sepeda tidak hanya enak dilihat, tetapi sepeda itu juga nyaman dipakai. Itulah sebabnya kegiatan membersihkan sepeda menjadi keharusan, walaupun dilakukan sebulan sekali. Saat membersihkan sepeda, Anda sekaligus dapat melakukan pengecekan kelalayakan sepeda, misalnya ada sekrup yang kendor, mata rantai yang mulai aus, atau mata gir yang mulai tumpul. Dengan demikian sepeda Anda siap pakai.

Salah satu perawatan sepeda gunung (MTB) agar siap pakai adalah dengan mencuci dengan benar. Kotoran yang melekat di rantai atau gir dapat mengurangi kinerja bagian tersebut. Akibat kotoran ini sepeda menjadi berat saat dikayuh. Bagaimana cara yang benar mencuci sepeda gunung? Berikut merupakan Tips dan Trik untuk mencuci sepeda gunung dengan benar. Tips dan trik ini memberikan teknik membersihkan MTB mulai dari sadel hingga sistem pengereman. Keseluruhan proses hanya membutuhkan waktu 35 – 40 menit.

Berikut langkah-langkah mencuci sepeda MTB dengan baik dan benar.

1. Lepas semua aksesoris.
Tahap pertama mencuci sepeda gunung yaitu melepas aksesoris yang berada di handle bar (stang), misal : bel, lampu, spidometer dll. Jika anda menggunakan V brakes lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers. Teknik melepas kabel V brakes ini berlaku juga jika anda menggunakan V brakes di roda belakang.

2. Baliklah sepeda Anda sehingga kedua roda di atas.
Untuk menghidari lecet pada sadel dan grips gunakan alas yang tidak terlalu keras atau empuk, misal kita dapat menggunakan matras dengan ketebalan 5mm. Adapun cara membalik sepeda yang benar adalah Anda berdiri di samping sepeda, kemudian peganglah bagian suspensi depan (down tube) dan satu tangan memegang seat pos(dudukan sadel). Selanjutnya, putar secara perlahan hingga sepeda terbalik (kedua roda berada di atas).

3. Melepas roda depan dan belakang.
Untuk melepas roda depan dan belakang buka pengencang as roda depan dengan membukan klip pengunci jika ada. Jika sepeda Anda tidak menggunakan klip, Anda harus menggunakan kunci pas sesuai dengan ukuran baut pengunci as roda depan. Untuk melepas roda belakang, lepas pengencang as roda belakang, tarik ke belakang sistem pemindah gigi (RD) rear derailleur secukupnya sehingga roda belakang bisa ditarik ke atas dan terlepas.

4. Membersikan sistem penggerak (rantai, gir, pedal, rear derailleur).
Siapkan sikat dan air bersabun. Mulailah menyikat RD dengan sikat yang telah dibasahi air sabun, untuk membersikan rantai gunakan lap kain yang lembut, basahi lap tersebut dengan air sabun, putar rantai dengan memutar pedal ke depan sehingga rantai berputar. Tempelkan lap pada rantai sepeda sehingga kotoran yang itu menempel pada lap tadi.

Lanjutkan dengan membersikan crank (gir depan, lengan pedal dan pedal) dengan sikat yang sudah dibasahi dengan air sabun, sikat secara merata dan teliti sehingga semua bagian penggerak depan terkena air sabun dan kotoran terlepas, kemudian lap dengan lap bersih.

Bersihkan pedal dan bagian sisi dalam gir dengan sikat dibasahi air sabun, lanjutkan dengan mengeringkan dengan lap bersih.

5. Membersihkan bagian bawah frame.
Gunakan lap kain dan air sabun. Lap secara merata ke seluruh bagian frame, handle bar (stang depan), bagian top tube (frame atas), dan seatways (frame belakang). Jangan lupa membersihkan kabel pemindah gigi dan penarik rem.

6. Membersikan Sistem Roda.
Gunakan lap kain dan air sabun untuk membersihkan roda depan dan belakang. Jika ada kotoran yang susah di buang, Anda dapat menggunakan cairan pembersih kotoran, misal menggunakan WD-40. Bersihkan kotoran pada as roda, hub, dan keseluruhan roda termasuk jari-jari roda. Jika Anda menggunakan cakram pada roda, sikat dengan teliti di semua bagian cakram.

7. Mengecek Sistem Roda
Pasang kembali roda depan dan belakang, pastikan klip pengenceng roda terpasang denga baik dan dapat mengunci roda dengan sempurna. Mungkin kita sedikit menemui kesulitan untuk memasang kembali roda belakang, tipsnya masukan gir belakang di antara mata rantai dan tekan kebawah sehingga dapat masuk ke dudukan roda belakang dengan sempurna, lakukan dengan hati-hati.

Setelah semua roda terpasang cek putaran roda baik depan dan belakang amati dengan seksama apakah goyang atau tidak, jika goyang kemungkinan besar jari-jari roda perlu di stel ulang. Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan menggunakan kunci jari2 roda atau membawanya ke bengkel sepeda.

8. Cek Sistem pengereman
Rem merupakan salah satu bagian fital dari sepeda. Jika rem tidak dapat berfungsi dengan baik keselamatan Anda menjadi taruhannya. Untuk mengecek rem roda depan, berdirilah di depan sepedaAnda dan tekan rem roda depan, kemudian tarik sepeda ke depan jika frame dan roda belakang terangkat berarti rem roda depan masih berfungsi dengan baik, jika tidak segera ganti kampas rem depan dengan yang masih bagus.

Untuk rem roda belakang, berdirilah di depan sepeda dan tekan rem belakang, jika roda depan terangkat di antara sela kaki Anda kemungkinan rem belakang masih berfungsi dengan baik, jika tidak segera cek dan ganti kampas rem dengan yang baru.

Kedua tips untuk pengecekan sistem pengereman tersebut dapat diterapkan baik pada rem dengan V brake atau dengan disc brake. Cek semua setelan kabel atau minyak rem (disc brake dengan oil).

9. Pelumas
Bagian-bagian penting sepeda gunung yang harus diberi pelumas adalah bagian rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang (FD-RD), pedan dan lengan pedal.

Gunakan pelumas yang bagus jangan menggunakan oli bekas, gunakan cairan pelumas yang khusus untuk rantai, banyak beredar di pasaran adalah pelumas untuk rantai kendaran roda 2 bermotor.

Sepeda gunung atau mountain bike (MTB) kadang dipergunakan untuk menaklukan medan-medan khusus – tidak selalu on-road – baik melalui medan off-road kering maupun off-roadbasah. Medan yang terakhir ini kadang membuat Sepeda MTB Anda menjadi ‘belepotan’, penuh dengan tanah basah yang menempel di seluruh bagian sepeda Anda, baik frame, ban maupungear Anda. Hal ini tentunya membutuhkan penanganan khusus ketika membersihkannya.

1. Air Sabun. Pertama-tama gunakan air sabun (detergen) untuk menghilangkan dan melarutkan lumpur atau tanah kotor dari seluruh body speda dan ban, menggunakan kain, sikat dan kuas. Hindari penyemprotan langsung air ke seluruh body sepeda. Karena dikhawatirkan air akan turut masuk ke laker dan gear, dimana nantinya justru akan membuat karat di dalamnya.

2. Gunakan Bensin. Khusus untuk membersihkan gear, fork – untuk jenis single/double crown – laker ban, rantai (chain) atau persendian yang lain, gunakan bensin untuk melarutkan kotoran dengan bantuan kuas. Khusus untuk rantai, bersihkan secara khusus segmen per segmen rantainya dari pasir untuk memperlancar gesekan antar segmen.

3. Oli (Penetran). Setelah seluruh sepeda bersih dari kotoran/lumpur dan tanah, semprotkan oli (penetran) ke bagian-bagian persendian tersebut, seperti chain, gear, suspension fork , dsb. Penetran juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan jamur aluminium yang seringkali muncul pada bagian breaker-handle.

4. Pelapis Body. Gunakan pelapis body/cat – seperti pelapis body mobil – untuk memperkilau cat sekaligus menjaga warnanya supaya tidak lekas pudar.

5. Semir Ban. Gunakan semir ban, untuk lebih mempercantik penampilan sepeda MTB anda. Karena Ban merupakan salah satu komponen dominan dari sepeda MTB Anda. Kini sepeda Anda nampak seperti baru kembali.

Sumber: zonasepeda.com, bmcckarawang.blogspot.co.id

Tags: , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

.