Inilah Cara Yang Bener Mencuci Sepeda


Alat Membersihkan SepedaB2W Indonesia – Sepeda yang sering dipakai gowes terlihat kotor dan berdebu, apalagi saat musim hujan bekas cipratan akan membekas di frame sepeda. Sepeda yang dipakai setiap hari untuk commuting ke kantor, sekolah dan kampus wajib minimal 1 minggu sekali dicuci. Siapkan ember, sikat, pelumas rantai, shampo, spon, lap kain dan gayung.

Standarkan sepeda di posisi yang tegak agar mudah dibersihkan di segala sisi. Lepas semua aksesoris yang tidak tahan air seperti lampu, odometer, dan peralatan digital. Sebelum dicuci, sepeda diguyur air memakai gayung. Hindari menyemprot dengan selang bertekanan tinggi karena dikhawatirkan air bisa masuk ke bagian bottom bracket, headset, hub, komponen bergerak dan berpelumas.

Setelah itu, sepeda dicuci dengan menggunakan shampo. Hindari mencuci dengan sabun yang terlalu keras seperti deterjen yang berpotensi merusak dan memudarkan lapisan cat. Cuci dengan foam/busa yang halus, sementara pakailah sikat gigi bekas utuk menyikat debu dan minyak pelumas di komponen rantai, cassete, dan crank.

Untuk mencuci ban, gunakan sikat bergagang. Bilas sepeda dengan air bersih dan keringkan dengan kanebo. Lumasi rantai dengan minyak singer/mesin jahit atau pelumas khusus. Pasang kembali aksesoris yang sebelumnya dilepas dan cek fungsinya normal.

sumber: goowes.co

Tags: , ,

2 Responses to “Inilah Cara Yang Bener Mencuci Sepeda”

  1. Bagus Gowes October 28, 2015 at 7:17 am #

    okesip!

  2. Yudhi November 3, 2015 at 1:21 am #

    Minyak singer.. Yey…

    Pelumas segala rupa

Leave a Reply

. .