Inilah 7 Manfaat Bersepeda Bersepeda Bagi Wanita


Wanita BersepedaB2W Indonesia – Bersepeda, selain ramah lingkungan dan menghemat BBM, tentu saja baik untuk kesehatan tubuh. Olahraga satu ini selain tidak sulit juga memberikan Anda kesempatan untuk menikmati lingkungan sekitar Anda. Di luar kenyataan tersebut, bersepeda ternyata memiliki beberapa kebaikan khusus untuk wanita menurut womenshealthmag.com.

1. Membakar kalori. Seorang wanita dengan berat 135 pon mencoba mangayuh sepeda sejauh 12-14 mil dan membakar 488 kalori.

2. Bisa dilakukan oleh siapa pun. Menurut Survei Transportasi Rumah Tangga Nasional Amerika yang terbaru, setengah dari jumlah karyawan di Amerika tinggal 5 mil jauhnya dari tempat kerja mereka. Bersepeda sudah sangat umum dilakukan oleh mereka dan mampu membakar sekitar 3 ribu kalori jika dilakukan hanya 2 kali seminggu.

3. Membentuk tubuh. Biasanya pesepeda dikenal memiliki bentuk kaki yang besar karena otot bagian kaki secara kuat menjadi pendorong jalannya pedal. Namun jangan salah, menurut Erik Moen, seorang terapis fisik atlit elit mengatakan bahwa bentuk tubuh atas Anda akan melakukan penyeimbangan sehingga bagian bawah tubuh Anda tidak akan terlihat besar.

4. Meningkatkan energi. Sebuah jurnal Psychotherapy and Psychosomatics menemukan bahwa bersepeda dapat meningkatkan level energi sebesar 20 persen dan menurunkan kelelahan sebesar 65%. Hal ini dikarenakan bersepeda memicu otak untuk melepaskan dopamin neurotransmitter, yang berhubungan langsung dengan energi.

5. Mengurangi tekanan pada persendian. Menurut Moen, naik sepeda tidak memberikan banyak tekanan pada lutut, pergelangan kaki dan tulang berjalan dibandingkan dengan berjalan atau berlari.

6. Melatih setiap otot. Rebecca Rusch, seorang pembalap sepeda kelas dunia pernah menyarankan untuk menghabiskan waktu 3-10 menit untuk mendaki gunung dengan sepeda. Jika Anda banyak mengayuh sepeda ke gunung dengan separuh jalan tidak duduk di sadel, kayuhan ini akan melatih otot trisep yang akan menstabilkan tubuh Anda.

7. Mengurangi kemungkinan berpenyakit jantung, darah tinggi dan kolesterol. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 32 wanita di Amerika, wanita yang bersepeda 3 kali seminggu selama setahun memiliki tekanan darah yang sama dengan orang yang sering melakukan fitness aerobik.

sumber: vemale.com

Tags: , ,

No comments yet.

Leave a Reply

. .