Fakta : Rutin Bersepeda Tingkatkan Performa Bekerja


Bike To WorkB2W Indonesia – Performa dalam bekerja dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari tentu sangat ditentukan oleh kondisi tubuh dan pikiran. Nah, agar tubuh siap melakukan berbagai aktivitas seharian, salah satu rutinitas yang bisa Anda coba adalah dengan bersepeda.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan latihan kardiovaskular tingkat sedang, seperti misalnya bersepeda di dalam ruangan dengan sepeda statis, memiliki efek positif pada fungsi otak. Pada akhirnya, kondisi ini tentu akan memengaruhi kinerja dalam bekerja.

Latihan semacam ini bukan hanya meningkatkan sirkulasi oksigen saja ke otak, melainkan juga memberikan cukup asupan nutrisi. Kombinasi oksigen dan nutrisi yang cukup akan meningkatkan kinerja kognitif. Mereka merangsang pelepasan neurotransmitter dan bahan kimia otak lain yang meningkatkan perhatian, belajar, motivasi, gairah dan fungsi kognitif lainnya.

Terlebih lagi, penelitian juga menemukan bahwa bersepeda pada intensitas sedang meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak atau brain-derived neurotrophic factor (BDNF), yakni protein yang meningkatkan pertumbuhan sel otak dan membantu dengan transmisi saraf dan modulasi.

Efek ini mengoptimalkan fungsi kognitif dengan menambah sirkuit otak, sehingga membantu Anda lebih mudah menyerap informasi, mengolahnya, dan mengingatnya.

“Rutin bersepeda memungkinkan Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas kognitif yang lebih cepat. Faktanya bukan hanya detak jantung dan pernapasan yang dilatih dengan bersepeda, kemampuan otak Anda pun juga,” ujar pakar bersepeda, Stacey Colino, seperti dikutip dari About Health.

Stacey melanjutkan, studi dari University of Chichester di Inggris menemukan bahwa setelah responden menyelesaikan sesi bersepeda 30 menit pada intensitas sedang, mereka rata-rata dapat menyelesaikan tugas kognitif lebih cepat dan akurat.

sumber: detik.com

Tags: , ,

No comments yet.

Leave a Reply

. .