Dibanding Naik Mobil, Pesepeda Jauh Lebih Bahagia


PesepedaB2W Indonesia – Meskipun tidak kepanasan atau kehujanan, yang naik mobil belum tentu bahagia. Justru menurut sebuah studi, pengendara sepeda dan pejalan kaki jauh lebih bahagia daripada pengendara mobil ataupun mereka yang suka naik bis untuk bekerja.

Mengapa bisa begitu? Untuk mendapatkan kesimpulan ini, tim peneliti dari Norwich Medical School, University of East Anglia (UEA) dan Centre for Health Economics, University of York mengamati 18.000-an orang Inggris yang menggunakan komuter untuk bekerja selama 18 tahun.

Menurut catatan peneliti, 73 persen responden bekerja dengan mengendarai mobil, 13 persen jalan kaki dan 3 persen naik sepeda. 11 persen lainnya menggunakan transportasi umum untuk bepergian ke tempat kerja.

Peneliti juga memperhatikan beberapa aspek psikologis responden, di antaranya apakah mereka merasa berharga atau tidak, bahagia atau tidak, sering bergadang karena stres atau tidak, dan apakah mereka bisa menghadapi masalah dengan baik atau tidak.

Peneliti juga mencari tahu jumlah pendapatan responden, berapa jumlah anak mereka, pernah pindah rumah maupun pekerjaan atau tidak, dan pernah mengalami perubahan dalam hubungan atau tidak, misal putus cinta atau bercerai. Aspek-aspek ini patut dipertimbangkan karena bisa jadi salah satu penyebab stres pada responden.

Di akhir studi peneliti menemukan mereka yang suka menggunakan sepeda atau jalan kaki untuk bekerja jauh lebih bahagia ketimbang yang naik mobil atau kendaraan umum.

Namun di sisi lain, mereka yang berganti dari naik mobil atau bis menjadi naik sepeda atau jalan kaki ke tempat kerja terbukti jauh lebih bahagia setelah mengubah kebiasaannya itu.

“Berarti semakin lama seseorang menghabiskan waktu di dalam mobil (untuk bepergian) maka makin buruk kondisi psikologisnya. Sebaliknya, mereka merasa jauh lebih baik ketika menghabiskan banyak waktu untuk berjalan kaki ke tempat kerja,” tandas ketua tim peneliti, Adam Martin seperti dikutip dari BBC.

Menurut Martin, bahkan untuk orang-orang yang mengubah kebiasaannya naik mobil ke tempat kerja dengan mengendarai bis terlihat ada peningkatan kebahagiaan.

“Jangan dikira bepergian dengan transportasi umum yang penuh sesak membuat seseorang merasa stres. Justru dengan naik bis atau komuter, mereka jadi bisa rileks, membaca, atau bersosialisasi. Mereka yang jalan kaki ke terminal atau stasiun juga terlihat lebih ceria,” sambungnya.

sumber: detik.com

Tags: , , ,

One Response to “Dibanding Naik Mobil, Pesepeda Jauh Lebih Bahagia”

  1. Yudhi November 3, 2015 at 1:16 am #

    Coba di Indonesia juga dilakukan peneliia, paling hasilnya juga serupa… (y)

Leave a Reply

.